Terlalu PD Sama Buruk dengan Minder

2008/04/30

LIFESTYLE ZONE - JAKARTA. Orang rapuh karena memiliki rasa percaya diri terlalu tinggi cenderung membesar-besarkan sesuatu sebagai kompensasi atas keraguan yang ia miliki.

"Cara ini digunakan untuk bertahan, melindungi dan meningkatkan perasaannya terhadap nilai diri," tulis Michael Kernis, profesor psikologi dari University of Georgia dalam rilis hasil penelitiannya.

Memiliki kepercayaan diri tinggi dipandang sebagai hal yang positif hingga kemudian diketahui bahwa ada hubungan dengan sikap agresif.

Kernis mencontohkan, rasa percaya diri yang tinggi menjadi berbahaya jika disertai sifat defensif. Ini terlihat dari caranya menyerang orang lain yang tidak sepaham dengannya.

Penelitian Prof Kernis didesain untuk membantu 'memotong' rasa percaya diri tinggi yang tengah berbalik arah dari baik menjadi buruk. Penelitian itu itu juga bertujuan melihat apakah orang dengan kepercayaan diri tinggi nan rapuh lebih defensif dibanding dengan mereka yang memiliki percaya diri nan normal.

Penelitian ini dibagi menjadi tiga sesi melibatkan 100 mahasiswa. Pertama kali para mahasiswa diminta mengisi kuis yang menggambarkan tingkat percaya diri. Kemudian peneliti menelaah kestabilan rasa percaya diri itu dengan evaluasi dari konteks yang berbeda.

Selanjutnua mahasiswa diwawancarai. Kepada mereka diajukan pertanyaan berkaitan masa lalu. Berkisar dari pertanyaan netral seperti bagaimana perasaannya menjadi lebih dewasa. Hingga ke pertanyaan yang lebih berat seperti diminta menceriterakan saat-saat melakukan tindakan yang dapat menghancurkan dirinya sendiri.

Hasil penelitian yang dipublikasikan Journal of Personality menunjukkan orang yang memiliki rasa percaya diri tinggi dalam katagori normal dapat menerima kondisi dirinya sendiri dan lebih sedikit menyalahkan orang lain.

Sebaliknya, orang yang memiliki percaya diri tinggi golongan rapuh dan mereka yang tidak punya rasa percaya diri, terlihat lebih defensif serta mengajukan berbagai alasan pada saat diskusi yang mengarah ke situasi yang mengancam dirinya.

Prof Kernis mengatakan, penelitian ini tidak memandang negatif terhadap pemilik rasa percaya diri tinggi.

Namun ingin memperlihatkan bahwa percaya diri tinggi memberikan manfaat apabila dibarengi dengan usaha meningkatkan kualitas. Jika kondisi sebaliknya, maka manfaat psikologisnya menjadi amat terbatas.

Tag: Tembang, Artis Populer, Majalah Online, Cerita Dewasa, Download Film, Film, Zone Artis Indonesia

AddThis Social Bookmark Button


 

Design by Amanda @ Blogger Buster