Sering Masturbasi, Bagus Tidak?

2008/04/27

LIFESTYLE. Masturbasi adalah rangsangan disengaja yang dilakukan pada organ alat kelamin untuk memeroleh kenikmatan dan kepuasan seksual. Masturbasi dilakukan oleh sebagian besar pria maupun wanita.

Sebagian besar pria cenderung melakukan masturbasi lebih sering dibandingkan wanita. Ini adalah perilaku seksual paling umum (setelah senggama), bahkan bagi mereka yang telah memiliki pasangan seksual tetap.

Lantas, apa dampaknya terhadap kesehatan bila seseorang melakukan masturbasi? Ternyata, menurut Dr. Anita Gunawan, MS, SpAnd, androlog dari Rumah Sakit Pertamina Pusat (RSPP), pria sehat menunjukkan bahwa mereka sering melakukan masturbasi atau berhubungan seksual.

"Masturbasi yang dilakukan sekali di setiap harinya pada usia 20-an, tak membuat pelakunya mengalami gangguan kesehatan seperti kanker prostat. Karena itu, masturbasi bukanlah hal yang buruk bagi Anda," kata Anita ketika dihubungi okezone melalui telepon genggamnya, Minggu (27/04/2008).

Meski begitu, sambungnya, bukan berarti kegiatan masturbasi yang dilakukan berlebihan tak berdampak buruk terhadap kesehatan Anda. "Kalau masturbasi yang dilakukan berkali-kali dalam setiap hari, maka akan mengganggu kesehatan. Artinya akan membuat orang yang melakukannya lemas dan capek karena pikirannya hanya pada kegiatan tersebut," beber konsultan seksual di beberapa media di Indonesia itu.

Kondisi demikian, ditambahkan Anita, akibat dari keluarnya cairan semen berkali-kali. Padahal, cairan semen memiliki efek carcinogenic pada barisan sel di saluran prostat yang tak menimbulkan kemerahan di luar saluran saat ejakulasi.

"Kalau 2-3 kali melakukan masturbasi maka secara psikologis akan membuat orang yang melakukannya lemas karena cairan semen yang juga mengandung protein di dalamnya banyak keluar," jelas wanita yang menyelesaikan program Master di bidang Andrologi Universitas Airlangga, Surabaya itu.

Sementara itu, pada para pastor Katolik Roma yang tidak mengenal hubungan seksual, biasanya untuk melampiaskan hasratnya sering bermasturbasi. Sehingga banyak pastor yang mengidap kanker prostat. Mengenai hal itu, Anita menampiknya.

"Para pastor Katolik Roma yang sering bermasturbasi tidak ada hubungannya dengan kesehatan. Karena secara ilmiah belum terbukti dampak kegiatan tersebut mengganggu kesehatan," pungkasnya.

Tag: Zone Artis Indonesia, Artis Populer, Majalah Artis, Lifestyle

AddThis Social Bookmark Button


 

Design by Amanda @ Blogger Buster