Hidup Sehat dengan Toilet Bersih

2008/05/14

Lifestyle Zone Artis. Menjaga kebersihan harus diawali dari rumah. Terutama bagian yang sangat mendasar yaitu kamar mandi. Jika terabaikan, bisa mengakibatkan penyakit bahkan kematian.

Berdasarkan kamus Wikipedia, kamar mandi adalah suatu ruangan tempat seseorang dapat mandi untuk membersihkan tubuhnya. Terkadang juga dilengkapi wastafel untuk tempat cuci tangan dan kakus. Sayangnya, ruang tersebut sering terabaikan. Padahal, jika kotor, otomatis penggunanya juga tidak akan bersih maksimal.

Menurut Dokter Spesialis Anestesi Regional, Prof Darto Satoto SpAN (K), penyakit yang ditimbulkan dari toilet yang kotor bisa berasal dari bakteri atau kuman yang menempel di dalamnya. Bahkan, ada bakteri yang menyebabkan kematian dari toilet kotor.

Dia menuturkan, kamar mandi yang kotor dapat menimbulkan bakteri E-coli. Bakteri itu masuk ke dalam pembuluh, kemudian menjadi penyakit berat yang bisa menyebabkan infeksi secara menyeluruh ke seluruh tubuh. "Secara langsung, bakteri ini bisa menyebabkan kematian," ujar Darto yang tercatat sebagai Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada kampanye kebersihan toilet dengan tema "Kering Itu Sehat".

Penyebab timbulnya bakteri itu, lanjutnya, bisa dari binatang seperti lalat yang hinggap di kamar mandi kotor. Bakteri tersebut menular melalui makanan yang dihinggapi lalat, kemudian dikonsumsi. Karena makanan tersebut kotor, maka bisa menimbulkan hepatitis A.

Dalam penularannya, bakteri E-coli tidak memandang usia. Semua orang bisa saja terkena. "Saat ini, anak Aceh lebih banyak terkena bakteri E-coli akibat dampak tsunami yang menyebabkan timbulnya air kotor dan kekurangan air bersih," tutur Darto.

Ketua Asosiasi Toilet Indonesia (ATI) Naning Adiwoso mengatakan, jika dibandingkan toilet yang mengharuskan penggunanya jongkok, penggunaan toilet duduk rentan menimbulkan penyakit.

"Kamar mandi kotor dan penggunaan toilet duduk yang jorok, jamur bisa menular di bokong orang lain yang menggunakan toilet selanjutnya, seperti kandidia," ujar Naning yang juga seorang dokter hewan spesialis bidang hewan ternak.

Ada dua jenis penyakit jamur yang bisa timbul, yaitu tinea kruris dan kandidias. Tinea kruris ditandai dengan bintil-bintil berwarna agak kemerahan. Pada kasus yang sudah lama, maka akan disertai dengan warna kehitaman pada daerah tertentu.

Sedangkan, kandidias ditandai dengan bercak berwarna merah terang dan sekitar daerah kemerahan tersebut tampak bintik-bintik kecil yang tersebar di sekitarnya. "Penyebab lainnya juga bisa dikarenakan penggunaan sabun yang mengandung antiseptik, yang membuat bertahannya bakteri," jelas Darto.

Naning menambahkan,kadang-kadang orang sering merasa tidak sadar jika kamar mandi yang berfungsi untuk membersihkan badan, justru tidak bersih tempatnya.

Hal tersebut dapat dilihat dari adanya kamar mandi yang sering ditemui dalam keadaan kotor, bau, gelap,dan pengap. Lebih menyedihkan, kamar mandi dalam keadaan seperti itu banyak dijumpai pada kamar mandi umum, tempat orang harus membayar untuk perawatan kebersihan.

"Semakin banyak orang yang mengutamakan kebersihan toilet, semakin sehat pula masyarakat Indonesia," tambah Naning.

AddThis Social Bookmark Button


 

Design by Amanda @ Blogger Buster